Teori Determinism (Marshall McLuhan)

Marshall McLuhan lahir pada 21 Juli 1911 di Kanada. Beliau adalah seorang filsuf, guru besar, dan teoritisi komunikasi. Beliau dikenal karena pendapatnya tentang "the medium is the message" dan "global village". Menurut pandangan McLuhan, the medium is the message berarti media lebih penting dari isi pesan. Kehadiran televisi, ponsel, radio, internet dan sebagainya sudah menjadi sesuatu yang penting tanpa bergantung pada isinya. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi komunikasi, manusia semakin didominasi oleh teknologi. Akhirnya manusia bukan lagi sebagai pengatur teknologi namun juga diatur oleh teknologi. Hal tersebut yang menjadi dasar teori yang dikemukakan oleh McLuhan yang dikenal dengan teori determinisme. Pada tahun 1962 Marshall McLuhan dalam tulisannya The Guttenberg Galaxy : The Making of Typographic Man menyatakan bahwa perubahan yang terjadi pada berbagai cara berkomunikasi akan membentuk pula keberadaan manusia itu sendiri (Nurudin, 2007). Teknologi memengaruhi cara berpikir dan berperilaku masyarakat. Sehingga cepat atau lambat, teknologi akan mengatur segala aspek kehidupan masyarakat termasuk mengatur pergerakan masyarakat untuk menciptakan atau mendayagunakan teknologi-teknologi yang lebih maju. Teknologi sebagai hasil cipta manusia, digunakan oleh manusia, dan diperuntukkan bagi manusia, akhirnya akan mengubah pola-pola kehidupan manusia itu sendiri.
McLuhan membagi fase perkembangan peradaban manusia ke dalam empat era. Menurutnya fase tersebut adalah hasil transformasi yang disebabkan oleh perkembangan teknologi. Empat era itu adalah : era suku (a tribal age), era literal (literate age), era cetak (a print age), dan era elektronik (electronic age). A tribal age adalah era dimana manusia hanya mengandalkan indera pendengaran untuk berkomunikasi. Masyarakatnya belum mengenal tulisan. Era ini digeser oleh era literal, dimana ditemukannya alphabet dan komunikasi masyarakatnya berubah. Manusia pada era ini lebih menekankan komunikasinya melalui tulisan. A print age adalah era ditemukannya mesin cetak. Hal ini membuat tulisan-tulisan beredar dan manusia semakin bebas berkomunikasi. Era elektronik ditandai dengan ditemukannya teknologi-teknologi komunikasi yang membuat manusia dapat berkomunikasi, bertukar informasi, secara cepat, mudah, dan murah.
Perkembangan teknologi komunikasi membuat masyarakat dunia dapat berinteraksi atau bertukar informasi tanpa harus bertatap muka. Seolah batas wilayah Negara menjadi kabur. Masyarakat tidak hanya menjadi bagian dari komunitas wilayahnya, namun juga menjadi komunitas dunia. Hal tersebut yang kita kenal dengan global village.   
Determinisme juga memiliki keyakinan bahwa teknologi sebagai the agen of change harus ditransfer kepada masyarakat khususnya ke negara-negara tertinggal yang dikenal dengan sebutan Negara dunia ketiga. Karena di Barat, teknologi menjadi alat untuk memajukan masyarakatnya. Itulah alasan yang diusung oleh Barat untuk mentransfer teknologi ke masyarakat dunia ketiga. Namun sayangnnya, masyarakat dunia ketiga tidak memiliki sikap kritis terhadap teknologi-teknologi yang dijejalkan oleh Barat, dengan anggapan bahwa segala teknologi itu dapat mengantar mereka pada ke-modernan. Hal ini mengakibatkan masyarakat di dunia ketiga menjadi ketergantungan terhadap teknologi Barat, tanpa berusaha belajar untuk bisa membuat teknologi yang sama atau lebih canggih.
Determinisme seolah mengabaikan fakta bahwa teknologi selalu berada dalam konteks sosial, politik, dan kultural. Mereka menganggap bahwa teknologi Barat adalah teknologi yang sudah sangat sempurna serta teruji kualitasnnya. Namun dalam konteks sosial, teknologi juga harus sesuai dengan kondisi sosiologis masyarakatnya. Selain itu, teknologi juga dapat menjadi media yang efektif untuk melakukan hegemoni ideologi dan kepentingan tertentu.


1 komentar:

  1. Kalah terus?
    Kebanyakan deposit dari pada WD?
    Hoki selalu hilang?
    Kartu yang dibagikan selalu jelek?

    Kalau begitu berahlilah ke ROYALQQ.POKER
    Main dan Buktikan sendiri...

    ROYALQQ tidak memberikan JANJI tapi BUKTI!

    ReplyDelete